Home » » Trick Aman Memperingan kinerja windows7

Trick Aman Memperingan kinerja windows7

Speed-Up-WindowsMemperingan kinerja windows7, adalah cara yang ampuh, untuk menyiasati Keterbatasan kemampuan Sepeack dari hadware suatu komputer, sebab itu sangat mempengaruhi kinerja  komputer itu sendiri.  untuk mendapatkannya tentu banyak ragam cara. Salah satu cara yang paling sederhana adalah  kita harus “membuang” beberapa pernak-pernik yang menjadi beban berat yang di pikul oleh sistem, agar sistem dapat bekerja dengan seimbang, dan untuk mempercepat kinerja windows7 memang harus ada yang dikorbankan.
Tampilan atau performa pada windows7 memang jauh lebih baik dan menarik, ketimbang stiles pada windows xp,  Tapi apalah gunanya semua itu bila hanya akan memperlambat kinerja komputer tersebut.

Langkah 1 mempercepat windows, Matikan Aero Glass

Aero glass memberikan efek transparan pada windows, cantik memang tapi cukup membebani sistem, jika anda menginginkan sistem yang bekerja lebih ringan anda bisa mematikan fitur ini caranya :

  1. Klik kanan desktop > personalize
  2. Klik window color
  3. Hilangkan tanda centang pada enable transparency

 

Langkah 2 Mempercepat windows, Atur windows untuk performa terbaik

Untuk mengatur windows agar berjalan pada performa terbaiknya anda harus mematikan semua pernak-pernik dan efek pada desktop, dengan demikian windows hanya akan membutuhkan resource yang kecil saja. Sekarang klik start menu kemudian ketikan adjust performance pada search bar lalu tekan enter.
Pada jendela performance option yang muncul tandai pilihan adjust for best performance kemudian klik OK



Dan windows akan mematikan semua efek dan pernak-pernik yang dimilikinya, bagaimana terasa lebih ringan bukan..? tapi ya tampilannya akan kembali ke windows klasik.

Langkah 3 mempercepat windows. Jangan gunakan image sebagai wallpaper

 Langkah dibawah ini memang tidak disarankan, karena pengaruhnya hanya sedikit saja. namun bila anda menghendaki Desktop background atau wallpaper berupa image, sebaiknya anda memilih image yang memiliki size kecil saja. dan jangan menggunakan format JPG tapi anda sebaiknya konver terlebih dahulu ke format BMP. Anda juga tidak disarankan menggunakan image gerak format Gif dan sejenisnya sebagai wallpaper
Namun bila tidak, gunakan warna polos saja sebagai desktop background anda.
Untuk melakukannya klik kanan desktop > personalize, klik desktop background yang terdapat pada bagian paling bawah jendela, pada halaman berikutnya klik menu dropdown pada bagian picture location kemudian pilih solid color , dan pilih warna yang akan anda jadikan desktop background.

langkah 4 mempercepat windows, Tidak membuka Aplikasi secara bersamaan

Ada kalanya kita lupa, saking bayaknya pekerjaan yang harus menggunakan komputer, ada beberapa program yang secara bersamaan anda buka sekaligus. misal karena ada pekerjaan data yang harus diambil dari internet. maka terpaksa anda pun membuka aplikasi lain pada saat mengetik. Ini tidak bagus bagi kinerja komputer. karena akan memakan banyak RAM. Atau anda lupa mematikan game dan anda hanya mengclose barnya saja 

langkah 5 mempercepat windows, Matikan service yang tidak dibutuhkan

Ini merupakan trik lama yang ternyata masih sangat ampuh pada windows 7, windows seven memiliki service-service yang berjalan sepanjang waktu, dan service-service ini merupakan “beban” bagi sistem, sayangnya tidak semua service-service yang berjalan tersebut benar-benar dibutuhkan oleh sistem anda.
Seperti yang kita tahu, kebutuhan dan kondisi sistem dari tiap-tiap komputer pastilah berbeda, ada komputer yang khusus diperuntukan buat game, ada yang buat multimedia , ada komputer yang terhubung ke jaringan, ada komputer yang offline, ada komputer yang cuma buat ngetik saja.
Celakanya windows tidak mau tau itu, windows tetap pada pendiriannya yaitu menjalankan service-service yang memang secara default sudah disetting untuk aktif tidak peduli seperti apa lingkungan dan kebutuhan anda terhadap sistem.

Disinilah peran anda untuk menuntun windows kejalan yang benar, agar bekerja sesuai dengan lingkungan yang anda inginkan. Jika misalnya komputer anda stand alone alias tidak terhubung ke jaringan apapun lantas buat apa service-servie yang berhubungan dengan jaringan..?? jika komputer anda hanya berfungsi sebagai mesin ketik lalu buat apa service-service yang berhubungan dengan multimedia…??
Untuk itu anda bisa mematikan service-service yang sekiranya tidak anda butuhkan, caranya ?
  1. Ketikan services.msc pada start menu search bar lalu tekan enter
  2. Akan muncul jendela services, disanalah terdaftar service-service yang ada pada windows seven beserta keterangannya.
  3. Untuk menonaktifkan service , klik kanan service yang ingin anda nonaktifkan kemudian pilih properties , misalnya anda ingin menonaktifkan service computer browser, maka klik kanan computer browser kemudian pilih properties
  4. Akan muncul jendela service properties, untuk mematikan service klik tombol stop, namun ini hanya akan mematikan service untuk sementara, service tersebut akan kembali dijalankan saat komputer anda start up.
  5. Untuk menonaktifkan service secara permanen, klik menu dropdown yang terdapat pada bagian start up type kemudian pilih disable

Langkah inilah yang saya sarankan pada anda untuk mencobanya, karena cara ini merupakan langkah ampuh dan paling gampang untuk melakukanya.

Namun anda harus melakukan uji coba sendiri untuk menemukan konfigurasi yang paling tepat untuk sistem anda, jangan takut akan terjadi erorr karena anda tetap bisa mengaktifkan service tersebut kembali atau mengembalikannya ke kondisi semula, atau jika anda membuat sistem restore terlebih dahulu anda bisa lebih tenang dalam mengutak-atik sistem.

Namun saya akan memberikan anda sedikit pencerahan, berikut  ini saya lampirkan daftar lengkap service-service yang ada pada windows 7 beserta keterangannya, disamping itu pada kolom contoh tweaking saya memberikan konfigurasi yang saya lakukan pada komputer saya, komputer saya merupakan komputer stand alone yang tidak terkoneksi ke jaringan lokal namun terkoneksi ke jaringan internet. Jika anda memiliki kondisi yang serupa anda bisa menerapkan konfigurasi yang saya berikan, sampai sejauh ini aman kok…:),

download daftar lengkap service windows seven


Namun bagi anda yang memiliki kondisi komputer yang berbeda, anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan membaca deskripsi singkat dari service-service tersebut, dan jika anda ragu-ragu untuk menonaktifkan sebuah service sebaiknya anda pilih manual saja untuk start up type-nya
Trik ini selain bisa meringankan sistem juga akan mempercepat waktu booting anda.

langkah 6 mempercepat windows, Menutup paksa not responding program

Apakah anda pernah mendapati sebuah aplikasi yang hang dengan tulisan not responding diatasnya…? menyebalkan sekali bukan? Lebih menyebalkan lagi ternyata windows membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menutup program yang not responding ini, nah dengan registry tweak berikut ini anda bisa memaksa windows untuk segera “menghabisi” not responding program tanpa harus menunggu lama.

Kali ini kita akan menggunakan cara lain untuk melakukan modifikasi registry, kita tidak perlu mengakses registry editor seperti yang sudah-sudah, melainkan hanya menuliskan beberapa baris script di notepad, tidak ada alasan lain mengapa kita melakukannya menggunakan cara ini melainkan hanya sekedar variasi saja , bahwa mengedit registry tidak hanya bisa dilakukan melalui registry editor tetapi juga bisa menggunakan script yang ditulis pada notepad.

Untuk itu buka program notepad anda kemudian ketikan script berikut ini:
Windows Registry Editor Version 5.00
Jika sudah simpan script tersebut dengan mengklik menu file > save as, lalu pada bagian file name beri nama file EriKeren.reg (jika anda tidak ikhlas dengan nama tersebut J,  anda bisa memberi nama lain yang anda sukai asalkan ada ekstensi .reg nya ).

Selanjutnya pada bagian save as type pilih all files dan klik tombol save
Selanjunya double klik file EriKeren.reg yang baru saja anda buat tadi, pada warning box yang muncul klik yes lalu klik OK

Jika anda ingin melakukan modifikasi secara manual melalui registry editor juga boleh, anda tinggal mengakses key diatas kemudian mengedit string berdasarkan value data yang ada pada script diatas.
Angka-angka yang terdapat pada script (1000 dan 2000) itu bisa anda ubah-ubah nilainya dengan angka yang anda inginkan (dalam milidetik)

Dengan tweak registry diatas, kini saat ada not responding program , windows akan segara menghabisi program tersebut tanpa banyak tanya lagi.

langkah 7 mempercepat windows, Mempercepat menu delay

Dengan tweak registry berikut, waktu delay pada sistem anda akan berkurang, menu delay itu apaan sih..??, itu loh saat anda mengklik kanan file atau desktop, atau mengakses menu-menu yang ada pada toolbar, pasti membutuhkan waktu sepersekian detik hingga menu-menu tersebut muncul, nah waktu yang sepersekian detik itu bisa kita pangkas lagi sehingga menu tersebut dapat muncul lebih cepat.
Caranya sama dengan bahasan 5.1.6 diatas, hanya saja kali ini scriptnya adalah sebagai berikut:
Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop]

"MenuShowDelay"="8"
Angka 8 tersebut bisa anda ganti-ganti berdasarkan waktu delay yang anda inginkan (dalam milidetik), bisa anda ganti 20, 10 atau bahkan 0 terserah anda deh..

langkah 8 mempercepat windows, Menonaktifkan low disc space check

Fitur ini akan mengaganggu anda dengan menampilkan notifikasi yang memperingatkan bahwa salah satu drive anda sudah penuh kapasitasnya. Iya…iya…saya kan sudah tau kalau salah satu hard drive yang saya miliki itu sudah penuh, nggak perlu diperingatkan berulang-ulang dong.
Ya sudah , kita non aktifkan saja fitur ini, caranya tinggal mengetikan script berikut pada notepad:
Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer]

"NoLowDiskSpaceChecks"=dword:00000001
Tentu saja anda harus menyimpan dan menjalankannya terlebih dahulu seperti yang sudah-sudah, registry tweak tersebut akan mengubah value data pada key NoLowDiskSpaceChecks menjadi bernilai 1 yang berarti NO.

Langkah 9 mempercepat windows, Mencegah windows mencari invalid shortcut

Ketika anda meng-uninstal sebuah program terkadang shortcut program tersebut masih nyangkut di desktop, dan ketika anda double klik shortcut tersebut windows akan mencari-cari program yang bersangkutan. Programnya udah diuninstal kok masih dicari-cari..? gimana sih..?
Nah untuk mencegah windows mencari-cari program dari sebuah shortcut yang sudah invalid, ketikan script berikut di notepad.
Windows Registry Editor Version 5.00

 
Selanjutnya..? anda pasti sudah paham 
Jika anda merasa malas atau tidak punya waktu untuk mengetikan script-script dari registry tweak diatas, saya sudah menyediakan script gabunganya, yang anda lakukan cukup mengklik ganda file registrytweak.reg tersebut.
Lantas kenapa harus diurai satu persatu..?? ya agar anda bisa memahami fungsi dari script-script tersebut, jadi tidak hanya asal klik, tapi juga tahu apa yang anda klik.

langkah 10 mempercepat windows, Mempercebat Windows dengan Readyboost

ReadyBoost merupakan fitur dari windows vista yang ternyata masih dibawa oleh windows seven, fitur ini akan menjadikan USB Flash Disk atau SD card anda sebagai cache tambahan bagi memori (RAM) anda, karena membaca dari flash disk lebih cepat 80-100 kali dari hard disk. ReadyBoost bukanlah pengganti RAM seperti yang banyak disalah artikan, keberadaan fungsinya lebih mirip sebagai swap atau virtual memori, jadi tugasnya hanya sebagai penyokong saja dan bukan pengganti RAM, namun walaupun demikian fitur ini sangat terasa sekali manfaatnya apalagi bagi anda yang memiliki kepasitas RAM rendah.

Untuk dapat memanfaatkan fitur readyboost, USB flash disk harus tetap terpasang pada komputer, untuk itu sebaiknya anda menyediakan USB yang memang dikhususkan untuk readyboost, kapasitas minimal USB agar bisa digunakan untuk readyboost adalah 256MB, tapi lebih besar kapasitas USB yang anda punya tentu saja akan lebih baik.
Untuk memanfaatkan USB anda sebagai readyboost, colokan USB anda ke komputer, kemudian akses start menu > computer, klik kanan icon drive UFD kemudian pilih properties
Pada jendela properties klik tab readyboost, jika anda ingin menggunakan seluruh kapasitas UFD, tandai pilihan dedicated this device to ReadyBoost, tapi jika anda hanya ingin menggunakan sebagian dari kapasitas UFD tandai pilihan use this device kemudian tentukan besar kapasitas UFD yang akan anda gunakan.


Jika sudah klik tombol OK, jika langkah anda berhasil maka didalam USB anda akan terdapat file ReadyBoost.sfcache

langkah 11 mempercepat windows Matikan Fitur Search Indexing

Search indexing berfungsi untuk mempercepat proses pencarian file, fitur ini akan sangat berguna bagi anda yang memang sering melakukan pencarian file, tapi ada dampak negatif-nya loh karena ternyata Fitur search indexing ini cukup membebani sistem.
Untuk itu bagi anda yang jarang melakukan pencarian file anda dapat mematikan fitur ini untuk memperoleh performa sistem yang optimal, caranya:
  1. klik kanan menu computer yang terdapat pada start menu kemudian pilih manage.
  2. akan muncul jendela computer management, klik menu service and aplication lalu pada panel disebelahnya klik service 
  3. cari dan klik ganda windows search
  4. akan muncul jendela windows search properties, klik menu dropdown pada bagian Start up type kemudian pilih disabled
  5. terakhir klik OK


Fitur-fitur windows yang jarang atau bahkan tidak pernah anda gunakan sebaiknya dimatikan saja, karena dapat meringankan beban sistem anda, untuk mematikan fitur-fitur windows ketikan windows faeture pada start menu search bar lalu tekan enter
Selanjutnya akan muncul jendela Windows Faetures disana terdapat daftar fitur-fitur windows, fitur yang diberi tanda centang merupakan fitur yang terinstall pada komputer anda, nah untuk menonaktifkan fitur-fitur tersebut anda tinggal menghilangkan tanda centangnya saja, sebagai contoh kita akan menonaktifkan internet explorer maka kita tinggal menghilangkan tanda centang pada bagian internet explorer, mudah kan…
Jika anda sudah selesai memilih fitur yang akan dinonaktifkan jangan lupa klik tombol OK ya.

langkah 12 mempercepat windows, Nonaktifkan sidebar gadget

Gadget-gadget yang ada pada sidebar juga sedikit banyak mempengaruhi kinerja sistem, jika anda ingin mempercepat windows anda sebaiknya anda tidak usah menggunakan gadget-gadget tersebut.
Untuk menutup gadget, anda tinggal mengklik tombol close pada gadget yang biasa muncul sebelah kanan layar desktop anda.( bawaan windows 7 )

langkah 13 mempercepat windows, Aktifkan High performance Power plan

Power plan sangat bermanfaat bagi anda pengguna notebook atau laptop agar dapat memperpanjang masa guna baterai, namun bagi anda pengguna PC atau pengguna notebook yang sedang menggunakan AC power adapter (carger laptop ) anda bisa memilih High Performance untuk skema power anda, agar performa dari sistem dapat berjalan dengan maksimal. dan anda pun bisa mempercepat windows anda.
Pada start menu search bar ketikan power plan kemudian tekan enter. Pada jendela berikutnya tandai pilihan high performance

langkah 14 mempercepat windows, Non aktifkan Auto protection Antivirus

Walapun bagaimanapun keberadaan antivirus sangat penting untuk melindungi sistem anda dari serangan malware, namun seringkali fitur auto scan dari antivirus malah menjadi beban yang lumayan berat bagi sistem anda, untuk itu sebaiknya anda menonaktifkan fitur auto scan antivirus tersebut, dan lakukan scan secara manual saja. untuk setiap removable device seperti USB flash disk, hardisk portable, yang terhubung kekomputer anda. Namun langkah ini tidak berlaku bagi CD/DVD karena virus yang tersimpan didalam CD/DVD dengan sendirinya akan mati.

langkah 15 mempercepat windows, Selalu Update Windows dan Driver anda

Menjaga agar windows dan driver-driver hardware anda tetap up to date akan membuat sistem tetap segar, bugar dan responsif, untuk itu secara berkala lakukanlah update windows melalui fitur windows update, dan downloadlah driver-driver terbaru untuk hardware anda. langkah ini akan menyempurnakan usaha anda untuk mempercepat windows

Demikianlah beberapa Trick cara memperingan kinerja windows 7 Semoga  bermanfaat. dan anda bebas untuk menyebar luaskan tulisan ini. sesuai dengan pengembangan anda masing-masing...!!
Salam Copass Blogger
Share this video :

1 komentar:

Hamzah said...

Mas is goog artikel. Tapi pada point " tidak membuka aplikasi secara bersamaan" ini kadang sulit dihindari, apalagi ketika kita sedang posting blog misalnya, Kita butuh gambar yang kita buat pake software photoshop. Nah kadang juga pake corel dant paint. Mau ga mau kita mesti buka ketiga - tiganya. Nah gimana tuh ?
terima ksaih

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2013. BELAJAR KOMPUTER - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger